Jalan Bertingkat Kehidupan Manusia

*Jalan Bertingkat Kehidupan Manusia*

Pada QS 84 Al-Insyiqaq 19 kita membaca ayat yang terjemahannya: sungguh, akan kamu jalani tingkat demi tingkat (dalam kehidupan).

Kata thabaq digunakan Alquran untuk memberi gambaran tentang langit yang “berlapis/bertingkat” (QS 67 Al-Mulk 3 dan 71 Nuh 15.

Kata “latarkabunna” terdiri dari:
(1) harf [huruf bermakna] – lam yang mengindikasikan adanya “sumpah”,

(2) tarkabu, kata kerja yang mengindikasikan “sedang terjadi”, dan

(3) harf [huruf bermakna] – nun yang mengindikasikan “penegasan” atas peristiwa “tarkabu”.

Kata tarkabu diambil dari akar kata ra-kaf-ba yang terulang sebanyak 15 kali dalam Alquran (https://corpus.quran.com/qurandictionary.jsp?q=rkb) dengan rentang makna: menaiki, mengendarai, menunggangi, dan yang semakna.

Informasi yang kita ambil dari QS 84 Al-Insyiqaq 19 adalah: *kita benar-benar sedang naik/menunggangi tingkatan-tingkatan atau lapisan-lapisan*.

Sekarang coba lihat kehidupan yang sedang Anda jalani. Anda sekarang berada di tingkat/lapisan ke berapa? Dari tingkat/lapisan mana Anda sebelumnya? Dan akan ke tingkat/lapisan mana setelah ini?

Mari *dialogkan Alquran dengan dua jenis ayat Allah lainnya*, yaitu alam semesta dan diri sendiri.

Bila Anda melihat fase kehidupan satu siklus penuh Anda, yaitu *dari Allah menuju ke Allah*, maka Anda sekarang berada di tingkatan/lapisan kehidupan dunia di planet bumi. Sebelumnya, Anda berada di tingkat/lapisan kehidupan dalam rahim sebagai janin yang juga di planet bumi. Tingkatan/lapisan berikutnya yang akan Anda lalui adalah kehidupan di alam kubur/alam barzakh yang lokasinya di… planet bumi inikah?

Bila melihat fase kehidupan di bumi dari lahir hingga meninggalkan dunia, tingkatan/lapisan Anda bisa ditentukan dari usia biologis Anda. Apakah Anda berada pada tingkatan/lapisan remaja, dewasa, atau lanjut usia tergantung pada berapa usia Anda saat ini. Selain dari usia biologis, Anda juga bisa melihat posisi tingkatan/lapisan Anda dari sisi jiwa/nafs. Menggunakan kata-kata Alquran, nafs Anda bisa saja berada pada salah satu tingkatan berikut:(1) *ammarah bis-su’*, (2) *lawwamah*, atau (3) *muthmainnah*.