Alquran dan Diskriminasi Karena Ras

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِي آدَمَ وَحَمَلْنَاهُمْ فِي الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنَاهُم مِّنَ الطَّيِّبَاتِ وَفَضَّلْنَاهُمْ عَلَىٰ كَثِيرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيلًا

We have certainly honored the children of Adam and carried them on the land and sea and provided good things for them, and We favored them over much of what We created, with decisive preference.

Surat al-Isra’ 17:70

يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُم مِّن ذَكَرٍ وَأُنثَىٰ وَجَعَلْنَاكُمْ شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِندَ اللَّهِ أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ

O people, We have created you male and female and made you into nations and tribes that you may know one another. Verily, the most noble of you to Allah is the most righteous of you. Verily, Allah is knowing and aware.

Surat al-Hujurat 49:13

 

وَمِنْ آيَاتِهِ خَلْقُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافُ أَلْسِنَتِكُمْ وَأَلْوَانِكُمْ ۚ إِنَّ فِي ذَٰلِكَ لَآيَاتٍ لِّلْعَالِمِينَ

Among His signs is the creation of the heavens and the earth and the diversity of your languages and your colors. Verily, in that are signs for people of knowledge.

Surat al-Rum 30:22

(https://abuaminaelias.com/islam-against-racism-bigotry/)

Manusia mengelompokkan diri mereka berdasarkan perbedaan-perbedaan yang nampak. Dalam satu pengertian, ras adalah pengelompokan manusia berdasarkan perbedaan pada aspek fisik atau tubuh, terutama pada warna kulit.

Pengelompokan ini sejatinya bukan merupakan suatu masalah jika tidak diiringi dengan perbedaan perlakuan terhadap manusia yang memiliki warna kulit yang berbeda.

Sayangnya, seringkali kita melihat tindakan membedakan perlakuan terhadap sesama manusia justru karena warna kulitnya. Inilah diskriminasi ras. Wujudnya adalah merendahkan manusia lain yang memiliki warna kulit yang berbeda dan pada saat yang sama meninggikan atau mengagungkan manusia lain karena kesamaan warna kulit.

Alquran membagi manusia berdasarkan perbuatannya. Inilah garis pembeda antara Alquran yang menjadi sumber ajaran atau ideologi Muslim dengan ajaran atau ideologi lainnya.

Saking kerasnya penekanan pada perbuatan, sampai-sampai Alquran memerintahkan untuk berbuat atau berlaku adil kepada atau terhadap manusia lain yang kita benci atau tidak sukai (baca: QS Almaidah 8).

Alquran menolak ras sebagai ukuran kemuliaan dan sebagai gantinya, Alquran menawarkan perbuatan atau tindakan seseorang sebagai tolok ukur kemuliaannya. Perbuatan atau tindakan manusia yang dianggap mulia dihimpun oleh Alquran ke dalam satu istilah, yaitu takwa.

Alquran menjadikan perbuatan takwa sebagai ukuran kemuliaan seorang manusia, dan yang paling mulia di antara seluruh manusia adalah yang paling bertakwa (baca QS Alhujuraat 13), bukan yang paling “putih”, “hitam”, atau “kuning”. Sementara perbuatan yang menjadi lawan dari takwa adalah fajir (baca QS 38:28 ; 91:8 ; 71:27 ; 80:42).

 

Tonton versi videonya di https://www.youtube.com/watch?v=NQndhY4kxmk