Cara Melakukan Tabayyun

Quran Surah 49 Al-Hujurat 6 memberi kita panduan bagaimana menangani suatu informasi yang sampai kepada kita.

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِن جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَإٍ فَتَبَيَّنُوا أَن تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَىٰ مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Sahih International
O you who have believed, if there comes to you a disobedient one with information, investigate, lest you harm a people out of ignorance and become, over what you have done, regretful.

Indonesian
Hai orang-orang yang beriman, jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.

Bagaimana memeriksa suatu informasi dengan teliti?

Informasi dalam bentuk teks (kata, frasa, kalimat) diteliti dengan cara menandai dan membedakan jenis kata berikut: kata kerja, kata benda, dan kata sifat.

Kata kerja dan kata benda (termasuk angka) menggambarkan fakta. Kata sifat menggambarkan opini atau pendapat. Yang ingin kita peroleh dari suatu informasi adalah fakta; yang ingin kita hindari dari suatu informasi adalah fiksi. Fakta dekat dengan kebenaran karena yang ia sajikan adalah sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi sementara opini dekat dengan kekeliruan atau kesalahan karena yang ia sajikan belum tentu ada atau terjadi.

Setelah menemukan dan menandai mana kata kerja dan kata benda serta mana kata sifat, langkah selanjutnya adalah memeriksa kata kerja dan kata benda yang termuat dalam informasi tersebut atau dalam ungkapan lain, periksalah fakta/data yang ada.

Cara melakukan pemeriksaan fakta/data adalah mengajukan serangkaian pertanyaan berikut:

Apa?

Siapa?

Kapan?

Di mana?

Kenapa/mengapa?

Bagaimana?

Berapa?

Dari tujuh daftar kata tanya di atas, empat kata tanya teratas merupakan hal pokok untuk diajukan untuk menguji suatu fakta/data.

Inilah tabayyun.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *