Ayat Wa Lan Tardha…

Salah satu ayat populer di kalangan ummat Islam bila berbicara relasi antar pemeluk agama adalah wa lan tardha yang terdapat pada QS 2 Al-Baqarah 120. Berikut teks lengkapnya:

وَلَن تَرْضَىٰ عَنكَ الْيَهُودُ وَلَا النَّصَارَىٰ حَتَّىٰ تَتَّبِعَ مِلَّتَهُمْ ۗ قُلْ إِنَّ هُدَى اللَّهِ هُوَ الْهُدَىٰ ۗ وَلَئِنِ اتَّبَعْتَ أَهْوَاءَهُم بَعْدَ الَّذِي جَاءَكَ مِنَ الْعِلْمِ ۙ مَا لَكَ مِنَ اللَّهِ مِن وَلِيٍّ وَلَا نَصِيرٍ
Sahih International

And never will the Jews or the Christians approve of you until you follow their religion. Say, “Indeed, the guidance of Allah is the [only] guidance.” If you were to follow their desires after what has come to you of knowledge, you would have against Allah no protector or helper.

Indonesian

Orang-orang Yahudi dan Nasrani tidak akan senang kepada kamu hingga kamu mengikuti agama mereka. Katakanlah: “Sesungguhnya petunjuk Allah itulah petunjuk (yang benar)”. Dan sesungguhnya jika kamu mengikuti kemauan mereka setelah pengetahuan datang kepadamu, maka Allah tidak lagi menjadi pelindung dan penolong bagimu.

***
Berikut hikmah yang dapat diambil dari ayat tersebut:
  1. Ayat tersebut berbicara tentang ketidaksenangan kaum Yahudi (di Madinah, saat itu) dan kaum Nasrani (Najran, masa itu) bukan tentang kekuatan mereka; bukan karena mereka kuat sehingga mereka tidak senang.
  2. Ada yang menyebut konteks ayat di atas adalah tentang arah kiblat shalat.
  3. Ketika mereka menawarkan ide, konsep, gagasan, wacana, gaya hidup, way of life dan sejenisnya (millah) kita meresponnya dengan “kami memiliki/mempunyai/menguasai ide, konsep, gagasan, wacana, gaya hidup, way of life dan sejenisnya sendiri yang berasal dari petunjuk Allah
  4. Ketika kita mengikuti ide, konsep, gagasan, wacana, gaya hidup, way of life dari mereka, baik secara sadar maupun tidak sadar, maka kita kehilangan perlindungan dan pertolongan Allah. Situasi kita menjadi pihak yang diremehkan, berada di ‘bawah’, tertinggal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *