Pasal 3: Pencegahan

Cegah keburukan agar tidak masuk ke dalam diri. Pintu utama masuknya keburukan adalah pikiran. Dengan menjaga pikiran, kita bisa mencegah keburukan masuk ke dalam diri kita. Semakin sedikit keburukan yang masuk ke dalam diri maka makin sedikit perbuatan buruk kita.

Ajakan untuk melakukan perbuatan buruk berasal dari setan jin maupun setan dalam wujud manusia.

Shalat dan puasa mampu mencegah ajakan melakukan perbuatan buruk yang dihembuskan oleh setan jin agar tidak masuk ke dalam diri kita.

Kita mencegah masuknya keburukan yang berasal dari setan manusia dengan cara menjaga daerah perbatasan antara diri kita dengan dunia atau lingkungan luar.

Daerah perbatasan yang ideal adalah yang memiliki pintu masuk. Ketika ada yang buruk hendak masuk, kita tutup pintu masuk perbatasan kita.

Ketika ada ajakan buruk yang datang kepada kita, kita dengan perasaan nyaman menutup pintu perbatasan dengan mengatakan “tidak” terhadap ajakan buruk tersebut. Namun bila yang hendak melewati batas diri adalah kebaikan, maka kita buka pintu perbatasan kita lebar-lebar dan menyambutnya secara hangat dengan mengatakan “ya”sambil tersenyum manis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *